Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan untuk meningkatkan pembelajaran fisika

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
      Fisika merupakan salah satu disiplin ilmu yang menjadi wahana pencapaian tujuan dari pendidikan, selain dapat mencerdaskan siswa sebagai peserta didik, fisika juga dapat digunakan untuk membentuk kepribadian siswa, mengembangkan keterampilan, serta memiliki sikap logis, kritis, cerdas dan kreatif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Peranan fisika yang sedemikian pentingnya sangat dipengaruhi bagaimana proses pembelajaran di kelas, pembelajaran fisika pada umumnya masih didominasi oleh paradigma pembelajaran terpusat pada guru, yang sering disebut sebagai pembelajaran langsung (direct teaching). Guru aktif mentransfer pengetahuan kepada siswa, sedangkan siswa menerima pelajaran dengan pasif. Fisika diajarkan sebagai bentuk yang sudah jadi, bukan sebagai proses. Akibatnya, ide-ide kreatif siswa tidak dapat berkembang, kurang melatih daya nalar dan tidak terbiasa melihat alternatif lain yang mungkin dapat dipakai dalam menyelesaikan suatu masalah. Siswa hanya mampu mengingat dan menghafal rumus atau konsep fisika tanpa memahami maknanya.
Sementara itu, tidak sedikit siswa yang memandang fisika sebagai suatu mata pelajaran yang membosankan, menyeramkan bahkan menakutkan, sehingga motivasi belajar fisika siswa rendah dan banyak siswa berusaha menghindari pelajaran fisika.Banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami fisika karena fisika bersifat abstrak, sementara alam pikiran kita terbiasa berpikir tentang obyek-obyek yang konkrit. Guru terbiasa menggunakan model pembelajaran mekanistik dan strukturalistik, yaitu guru menerangkan, memberi rumus dan contoh, kemudian siswa diberi soal untuk dikerjakan. Akibatnya banyak siswa yang masih mengalami kesulitan belajar fisika.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fisika.Pendekatan kontekstual ini merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang membantu siswa menemukan makna dalam pelajaran dengan cara menghubungkan materi pelajaran dengan konteks, kehidupan sehari-hari mereka, menuntun siswa sehingga dapat berpikir kritis dan kreatif. Pendekatan ini diharapkan mampu untuk meminimalisir rasa jenuh dan bosan pada siswa untuk belajar fisika karena pendekatan ini membantu guru mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan nyata siswa.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penulisan ini adalah apakah melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan untuk meningkatkan pembelajaran fisika?
C.      Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bahwa Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diterapkan untuk meningkatkan pembelajaran fisika.

Untuk men download makalah ini, silahkan anda klik link di bawah ini :

Download

No comments:

Post a Comment